Kecantikan

Mengenal Lebih Dalam Apa Itu Spirulina

Pernahkah kalian mendengar spirulina? Mungkin untuk sebagian orang ini masih terdengar asing. Spirulina ini adalah tanaman yang memiliki banyak manfaat. Untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas lagi, mari kita simak artikel berikut untuk lebih mengenal tanaman yang satu ini.

Penjelasan Tentang Spirulina

Spirulina adalah ganggang hijau-biru yang tumbuh secara alami di lautan atau danau asin pada wilayah dengan iklim subtropis. Spirulina adalah sumber nutrisi terbaik abad ini yang kandungannya 100% berasal dari alam. Spirulina bernama latin Arthrospira platensis dan Arthrospira maxima.

Diberikan nama spirulina karena bentuknya yang menyerupai spiral. Mungkin sebagian besar dari kita masih asing jika mendengar kata Spirulina. Spirulina merupakan makhluk hidup bersel satu yang hidupnya di dalam air dan masuk dalam keluarga Cyanobacteria atau mikroalga.

Awalnya spirulina diklasifikasikan sebagai tanaman karena kaya akan pigmen tanaman dan mampu berfotosintesis. Itulah mengapa banyak yang menyebutnya sebagai tanaman ganggang hijau biru. Spirulina ini biasanya diambil sebagai bahan dasar untuk membuat suplemen atau bahan makanan super. Spirulina sendiri telah menghuni bumi sejak 3,5 miliar tahun yang lalu.

Saat ini, ganggang biru-hijau mikroskopis dibudidayakan terutama di Amerika Serikat, India, Cina, Myanmar, Thailand dan Pakistan karena manfaat spirulina yang jempolan. Seiring dengan kesadaran penduduknya mengenai kebutuhan supleman dan gizi yang terdapat di dalamnya.

Sebenarnya ada banyak jenis spesies spirulina, tetapi hanya tiga spesies yang dipelajari secara ekstensif karena nilai gizinya yang tinggi. Mereka adalah Spirulina platensis, Spirulina maxima dan Spirulina fusiformis. Jika dipanen dengan benar dari perairan yang tidak tercemar, kandungan spirulina merupakan sumber nutrisi yang paling potensial dari semua sumber yang ada. 65% kandungan spirulina adalah protein dan asam amino termasuk asam lemak essensial gamma-linolenic acid (GLA)yang memiliki khasiat anti inflammatory, mengandung semua asam amino essensial.

Spirulina kaya akan kalsium, potasium dan magnesium. Spirulina juga diklaim mampu meningkatkan kesehatan seseorang, bahkan dapat membantu proses detoksifikasi hingga merawat kulit dan melindunginya dari kerusakan. Spirulina terkenal akan kandungan gizinya yang sangat tinggi, sehingga mendapat gelar “Super Food”.

Kandungan nutrisi dalam 1 gram spirulina sama dengan kandungan nutrisi pada 500 gram sayuran dan buah-buahan, dengan kata lain asupan 8 gram spirulina dapat memenuhi asupan nutrisi untuk 40 hari. Biasanya spirulina sebagai suplemen kesehatan berwujud bubuk hijau. Kamu dapat mencampurkannya ke dalam jus atau air minum dan ada pula spirulina yang berwujud kapsul.

Manfaat Spirulina Untuk Kecantikan

Kalau tadi kita sudah membahas manfaatnya untuk kesehatan, maka sekarang kita akan membahas manfaat spirulina untuk kecantikan wajah. Manfaat masker spirulina khususnya untuk kecantikan wajah sangatlah melimpah dan tak perlu di ragukan lagi seperti berikut ini:

1. Menghilangkan kantung mata hitam

Mata panda atau lingkaran hitam di bawah mata tak jarang mengganggu penampilan. Penggunaan masker spirulina berfungsi untuk mendetoksifikasi kulit dan menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata.

2. Membuat kulit kencang

Banyaknya aktivitas serta usia yang semakin bertambah mampu membuat kulit nampak mengendur. Dan jika dibiarkan, maka dapat membuat penampilan kita nampak semakin lebih tua dari usia yang sebenarnya. Sebagai alternatif untuk mencegah hal tersebut, kamu bisa memanfaatkan masker spirulina untuk mengencangkan kulit muka yang kendur dan membuat kulit nampak awet muda.

3. Mencerahkan kulit wajah

Spirulina memiliki kandungan vitamin A, vitamin B12, vitamin E, kalsium, zat besi dan fosfor yang sangat vital untuk kesehatan kulit. Spirulina melindungi kulit dari radikal bebas. Menggunakan masker Spirulina mampu mencerahkan kulit wajah, menyegarkan dan membuat kulit tampak awet muda.

4. Pencegahan penuaan dini

Spirulina kaya tyrosine, yang memperlambat penuaan sel-sel kulit. Masker ini sangat efektif mencegah penuaan kulit terlalu cepat. Jika Anda melakukan perawatan ini secara teratur, garis-garis halus pada wajah disembunyikan.

5. Mengangkat sel kulit mati

Sel-sel kulit mati yang tidak dihilangkan dan dihilangkan dapat meninggalkan kulit wajah yang buram dan hitam. Untuk mendapatkan wajah yang cerah dan berseri-seri, Anda dapat secara teratur menggunakan masker spirulina. Spirulina sendiri memiliki peran dalam detoksifikasi kulit dan pemulihan kesehatan kulit.

6. Cegah pertumbuhan jerawat

Kandungan antioksidan dalam spirulina diketahui bisa melawan bakteri dan jamur yang menyebabkan jerawat. Secara teratur gunakan masker spirulina dengan jerawat. Spirulina membuat kulit bersih, sehat dan bebas dari jerawat.

7. Menghilangkan bekas jerawat

Kandungan spirulina juga dapat menghilangkan bintik-bintik hitam dan mempercepat pertumbuhan sel-sel kulit yang rusak oleh jerawat. Ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah menghilangkan bekas jerawat dengan masker spirulina.

8. Mengembalikan kelembaban kulit

Kondisi kulit kering itu menunjukkan tanda-tanda penuaan. Dipercaya bahwa menggunakan masker spirulina dapat mengembalikan kelembaban kulit kering, membuat kulit terlihat lebih segar dan lebih muda.

Selain itu, masker spirulina juga bagus untuk menguatkan kuku, menghilangkan ketombe dari kepala dan menjaga rambut tetap sehat. Masker spirulina juga dapat dikombinasikan dengan bahan alami lainnya seperti protein, madu, jeruk nipis, minyak zaitun dan banyak lagi.