Kesehatan

GAYA HIDUP SEHAT MENINGKATKAN KESUBURAN PRIA DAN WANITA

Sangat penting untuk mencari bantuan medis sesegera mungkin. Rasa malu dan isolasi karena masalah ini harus dihilangkan segera, karena semakin cepat masalah kesuburan ditangani, semakin besar kemungkinan dan kemungkinan keberhasilan dalam pengobatan masalah kesuburan mereka.
Fakta bahwa pasangan yang lebih subur dapat memiliki anak daripada mereka yang tidak berhasil adalah karena pengobatan dini ketika masalah dirasakan setelah 1 tahun menikah tanpa menggunakan alat co-appointment.
Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan perawatan kesuburan, hal mendasar yang harus dipahami adalah kondisi tubuh Anda sendiri. Mengubah gaya hidup tidak sehat dan meningkatkan gaya hidup sehat akan sangat bermanfaat bagi keduanya untuk mencapai kehamilan yang sukses.


Berikut ini gaya hidup sehat yang akan berguna bagi Anda:
1. Konsumsi vitamin dan makanan.
Konsumsi makanan dan minuman dengan vitamin setiap hari mencegah tubuh kehilangan unsur-unsur penting dalam spektrum nutrisi. Keseimbangan dua elemen ini menjadi sangat penting ketika pasangan mencoba untuk hamil. Langkah pertama untuk mengobati masalah kesuburan adalah dengan mengambil terapi vitamin yang direkomendasikan oleh dokter ahli gizi.
2. Berolahraga secara teratur
Olahraga akan membantu menjaga vitalitas, menghindari stres yang berasal dari perawatan infertilitas atau selama kehamilan. Mempertahankan berat badan proporsional sangat penting, karena berat badan yang berlebihan dapat menyebabkan infertilitas. Perawatan infertilitas memungkinkan stres pada pasangan yang sudah menikah dan olahraga adalah cara terbaik untuk menghilangkan stres.
3. Pemeriksaan psikologis
Kunjungi psikolog atau dokter keluarga yang biasanya Anda kunjungi untuk melihat, bahkan jika Anda telah melihat seorang ahli endokrinologi reproduksi. Ini akan sangat berguna bagi Anda untuk menghitung dan melepaskan beban mental yang Anda hadapi dari tahap awal untuk menyelesaikan perawatan. Ini benar-benar akan membantu Anda untuk berkoordinasi dengan fase perawatan yang Anda jalani.
4. Berhenti minum alkohol
Berhenti minum minuman beralkohol adalah ide yang sangat bagus untuk memperbaiki kondisi tubuh dan membantu kemajuan mengelola masalah kesuburan. Berhenti lama sebelum memulai perawatan, atau bahkan ketika kehamilan sedang berjalan. Kebiasaan buruk minum minuman beralkohol dapat menyebabkan masalah kesuburan, seperti disfungsi ereksi dan penurunan kuantitas dan kualitas sel sperma atau ovula.
5. berhenti merokok
Merokok dapat menyebabkan kanker dan sangat berbahaya bagi kesehatan reproduksi. Penurunan kesuburan dan kehamilan yang tidak menguntungkan adalah efek samping dari kebiasaan merokok. Sangat baik dalam merencanakan kehamilan, suami dan istri berhenti merokok kebiasaan buruk untuk meningkatkan kualitas organ reproduksi.
6. Kurangi kafein
Kafein adalah zat adiktif. Jika dikonsumsi berlebihan, beberapa gejala negatif akan muncul. Terlalu banyak kafein dapat menyebabkan sakit kepala, iritabilitas dan tubuh terasa lesu. Beberapa penelitian menunjukkan penurunan tingkat kesuburan pada wanita yang mengonsumsi> 300 mg kafein per hari. Namun perlu diingat bahwa kafein juga ditemukan dalam teh hitam, teh hijau, coklat dan sejumlah minuman ringan. Untuk wanita yang menjalani IVF, batas konsumsi kafein lebih rendah, yaitu 50 mg kafein, setara dengan satu cangkir teh; kelebihan konsumsi kafein dapat berdampak negatif pada tingkat keberhasilan konsepsi.
7. Perhatikan obat-obatan yang Anda konsumsi.
Beberapa jenis obat yang dapat mempengaruhi kesuburan pria:
Obat terlarang
Hipertensi
Obat penenang
Obat kanker
Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi fungsi reproduksi laki-laki adalah gonadotoxins. Gonadotoxin berhubungan dengan lingkungan, seperti paparan panas, merokok, radiasi, logam berat, larutan organik dan pestisida sehingga dapat membahayakan testis.
Perubahan dalam produksi dan pelepasan hormon.
Disfungsi ereksi
Itu mempengaruhi libido
Beberapa infeksi yang dapat mempengaruhi kesuburan adalah: gonorrhea, syphilis, herpes, kulit kelamin, HIV, hepatitis B.
9. Hindari stres
Stres akan mengambil vitamin, mineral, oksigen dan beberapa zat penting dari sistem reproduksi. Stres memiliki efek mendalam pada kesuburan, yang mempengaruhi hormon seks yang memainkan peran penting selama pembuahan (konsepsi)
Stres akan meningkatkan kadar hormon stres, kortisol. Kortisol adalah hormon dalam tubuh manusia yang dilepaskan oleh kelenjar adrenalin selama stres. Kadar hormon kortisol yang tinggi dapat menekan (menurunkan) produksi hormon pelepas gonadotropin (GnRH), yang diproduksi oleh hipotalamus.